Minggu, 13 Maret 2011

Alkena


Alkena


o Adalah hidrokarbon alifatik tak jenuh yaitu hidrokarbon dengan satu ikatan rangkap dua (–C=C–) . Senyawa yang mempunyai 2 ikatan rangkap 2 disebut alkadiena, yang mempunyai 3 ikatan rangkap 2 disebut alkatriena dst.
o Rumus umum alkena yaitu : C n H 2n ; n = jumlah atom C

Tata Nama Alkena
1) Nama alkena diturunkan dari nama alkana yang sesuai (yang jumlah atom Cnya sama), dengan mengganti akhiran –ana menjadi –ena .
2) Rantai induk adalah rantai terpanjang yang mengandung ikatan rangkap.
3) Penomoran dimulai dari salah 1 ujung rantai induk sedemikian sehingga ikatan rangkap mendapat nomor terkecil.
4) Posisi ikatan rangkap ditunjukkan dengan awalan angka yaitu nomor dari atom C berikatan rangkap yang paling tepi / pinggir (nomor terkecil).
5) Penulisan cabang-cabang, sama seperti pada alkana.

Sumber dan Kegunaan Alkena
Alkena dibuat dari alkana melalui proses pemanasan atau dengan bantuan katalisator (cracking). Alkena suku rendah digunakan sebagai bahan baku industri plastik, karet sintetik, dan alkohol.

Reaksi-reaksi

Alkena mengalami reaksi pembakaran dengan oksigen dan, seperti alkana, membentuk karbon dioksida dan air.
C2H4(g) + 3O2(g) –> 2CO2(g) +2H2O(g)
Alkana bereaksi dengan hidrogen atau halogen. Halogen atau hidrogen menyerang ikatan rangkap dua memutuskannya. Ketika khlorin ditambahkan ke etena dengan menggunakan katalis, reaksi yang terjadi adalah reaksi adisi menjadi hidroklorida.
CH2=CH2 (g) + Cl2 –> CH3Cl-CH3Cl
Alkena adalah hidrokarbon yang mengandung ikatan rangkap dua karbon-karbon. Alkena juga merupakan contoh dari deret homolog, masing-masing alkena bervariasi dari urutan sebelumnya dengan gugus –CH2. Reaksi utama dari alkena adalah reaksi pembakaran dan reaksi adisi.
Alkena dapat mengalami adisi sesamanya membentuk rantai panjang yang dinamakan polimer.
 http://sahri.ohlog.com/alkena.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar